Nakes di Kendari Bakal Jadi Prioritas Pemberian Vaksin Covid-19

Ilustrasi

Kamalinews.idPemerintah Kota (Pemkot) Kendari berencana akan memprioritaskan tenaga kesehatan (Nakes) sebagai pihak pertama yang akan mendapatkan vaksin Covid-19. Hal itu sampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kendari, drg Rahminingrum, saat ditemui awak media, Senin (12/14/2020). 

Drg Rahminingrum mengaku, sebagai garda terdepan dalam penanganan pandemi Covid-19, nakes merupakan pihak yang paling rentan terhadap penularan virus berbahaya itu. 

“Kita tahu bahwa vaksinnya sudah ada di Indonesia, tapi sampai sekarang kita juga masih menunggu informasi lebih lanjut dari Pemerintah Pusat. Seperti apa nanti penyalurannya, karena vaksinnya sendiri masih di Badan POM untuk di uji kelayakannya,” ujarnya.

Meski begitu, lanjutnya, saat ini baik Pemkot maupun Pemerintah Pusat masih menunggu izin edar dari Badan POM untuk kemudian di salurkan ke seluruh daerah di Indonesia.

Terkait dengan aksi penolakan vaksin Covid-19 dari pihak Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pusat, ia menegaskan, bila vaksin tersebut baru akan diberikan setelah dinyatakan benar-benar aman dan melalui persetujuan Badan POM.

“Pemerintah tidak mungkin menyesatkan masyarakat dengan memberikan vaksin ini, dan saya yakin pemerintah dalam mengambil kebijkan sudah melalui banyak pertimbangan matang, penelitian dan perhitungan sangat panjang,” tegasnya.

Ia berharap, dengan adanya vaksin tersebut dapat menekan angka kasus Covid-19 di Kota Kendari yang terus meningkat setiap harinya.

“Namun jangan juga terlalu berharap dengan adanya vaksin ini, bisa terbebas dari Covid. Tetap patuhi protokol kesehatan dan menerapkan pesan ibu yakni memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan,” tutupnya. Yog.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Terbaru Hari Ini