Lantik dan Kukuhkan Sejumlah Pejabat, Sekda Konawe Dorong ASN Melayani Masyarakat Dengan Baik

Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Dr Ferdinand SP MH.

KAMALINEWS.CO.ID – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Konawe, Dr Ferdinand SP MH melantik dan mengukuhkan sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Konawe di Pendopo Kantor Bupati Konawe, Jum’at (31/12/2021).

Pejabat yang dilantik dan dikukuhkan diantaranya Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT), jabatan Administrator, jabatan  Pengawas, serta Camat dan Lurah.

Dalam sambutannya, Ferdinand sempat mengucapkan terima kasih kepada mantan Camat Pondidaha. Ferdinand mengatakan, berkat kerja Camat tersebut prestasi vaksinasi di Pondidaha menjadi sukses.

“Mewakili pak Bupati, ucapan yang sebesar-besarnya terima kasih kepada bu Camat ya atas pengabdiannya selama ini yang tertinggal ada karya bu Camat dan itu akan menjadi kenangan bagi masyarakat Pondidaha khususnya yang terkait rencana detail tata ruang yang sudah kita rancang dan itu mudah-mudahan bisa kita Perdakan,” ungkapnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Dr Ferdinand SP MH saat melantik dan mengukuhkan sejumlah pejabat di Pendopo Kantor Bupati Konawe, Jum’at (31/12/2021).

Ferdinand juga mengucapkan selamat kepada para pejabat yang baru dilantik dan dikukuhkannya itu. Baik tiga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) maupun Camat Pondidaha yang baru dilantik.

Ia meminta, agar Camat Pondidaha yang baru dilantik tidak kalah prestasinya dengan Camat lama. Begitupula dengan Lurah baru yang dilantik serta jabatan Administrator dan Pengawas yang baru saja dipromosi.

Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah ini juga menuturkan, pelantikan dan pengukuhan ini merupakan bagian dari penilaian pimpinan daerah dan juga berdasarkan regulasi yang ada di pimpinan daerah.

“Di dalam regulasi ada kewenangan pimpinan untuk memutasi, mempromosi dan juga mendemosi teman-teman. Demosi itu bisa saja terjadi karena kita tidak pernah berkantor sesuai ketentuan juga karena pimpinan melihat loyalitas kepada daerah yang kurang sekali,” lanjut Ferdinand.

Jenderal Aparatur Sipil Negara (ASN) Konawe   ini berpesan agar seluruh ASN jangan hanya bekerja karena ada pimpinan di sekitar melainkan ASN harus bekerja karena tuntutan tugas pokok dan fungsi, serta kewenangan yang ada.

Ia menambahkan, pegawai yang di promosi bukan karena disebabkan kedekatan tetapi karena kualifikasi, kompetensi dan sikap sosial budaya yang dimiliki pantas untuk jabatan tersebut.

Ferdinand juga mendorong agar para pegawai yang baru dilantik membuktikan kinerjanya yang telah diragukan oleh orang lain.

“Ini penting saya sampaikan sehingga kita menyadari bahwa tanggung jawab itu sangat besar. RPJMD Kabupaten Konawe 2018-2023 tinggal dua tahun kedepan dan tanggung jawab itu ada di kita semua. Tanggung jawab itu tidak hanya dilaksanakan pak Bupati melalui saya melalui teman-teman Kepala Dinas, tetapi semua. Intinya adalah apapun kita selaku ASN tugas kita adalah melayani masyarakat dan masyarakat menjadi tanggung jawab kita,” tambah Ferdinand.

Selain itu, Ferdinand juga berpesan agar para pegawai bekerja bukan karena mengharapkan sesuatu diluar tugas dan tanggung jawabnya. Ia mengingatkan, regulasi yang ada sebentar lagi pejabat eselon 4/A selain dibidang kewilayahan suatu saat akan dialihkan menjadi pejabat fungsional.

Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Dr Ferdinand SP MH saat melantik dan mengukuhkan sejumlah pejabat di Pendopo Kantor Bupati Konawe, Jum’at (31/12/2021).

Begitupula dengan pejabat eselon 3 non selain bidang kewilayahan seperti Camat dan Lurah.

“Artinya apa tanggung jawab itu ada di diri masing-masing, bukan dilimpahkan kepada pimpinannya lagi dan mungkin kita di Konawe tidak begitu lama kedepan kita akan mulai memfungsionalkan semua pejabat eselon 4 dan sebentar lagi kemungkinan pejabat eselon 3, ini bukan mau saya bukan mau pak Bupati, tapi perintah regulasi,” ujarnya.

Ferdinand berharap, para pegawai mendorong pembangunan di Konawe menjadi lebih cepat, berprestasi serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menjaga kekompakan.

Untuk diketahui, JPT yang baru dikukuhkan diantaranya Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Konawe dipimpin oleh Cici Ita Ristianti, Dinas Perikanan Konawe dipimpin oleh Sahruddin, dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Konawe, Ilham Jaya.

Adapun Camat dan Lurah yang mengalami pergantian yakni Camat Pondidaha, Lurah Wawonggole, Lurah Rawua, Lurah Asambu, Lurah Mataiwoi, Lurah Besulutu dan Lurah Puuduria.(red)

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp