KPU Provinsi Sultra Ucapkan Terima Kasih Kepada Pemda Konawe

Anggota Komisi Pemilihan Umum atau KPU Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Iwan Rompo Banne sidak mendadak di Kantor KPU Konawe dan Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Dukcapil) Konawe, Kamis (14/7/2022).

KAMALINEWS.CO.ID – Anggota Komisi Pemilihan Umum atau KPU Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sidak mendadak di Kantor KPU Konawe dan Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Dukcapil) Konawe, Kamis (14/7/2022).

Saat sidak di Dinas Dukcapil Konawe, Anggota KPU Sultra, Iwan Rompo Banne mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe. Dimana, Dinas Dukcapil Konawe menyediakan ruangan khusus untuk pemilih yang mengalami masalah kependudukan.

Ruangan ini nantinya akan diisi oleh staf dari KPU Konawe. Iwan mengatakan, koordinasi KPU Konawe dengan Pemkab Konawe cukup bagus dan bisa dibawa keranah nasional.

“Setahu saya mudah-mudah belum ada ditempat lain tapi kalau di Sulawesi Tenggara saya bisa memastikan di Konawe ini pertama ada validasi data pemilih itu langsung di Kantor Capil,” katanya.

Biasanya, lanjut Iwan, validasi data pemilih hanya dilakukan melalui koordinasi antar kantor saja lewat surat.

“Ini dikasih ruangan jadi saya terima kasih kepada Pemda Konawe karena sudah membantu KPU,” tambahnya.

Iwan berharap, kerjasama kedua lembaga ini bisa berjalan dengan baik hingga Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 selesai.

Dirinya menyebut, hal ini juga bisa menyelesaikan salah satu permasalahan dalam pemilihan umum yakni carut marut data pemilih.

“Koordinasi dan komunikasi KPU Konawe dengan Pemda Konawe sangat baik, kalau tidak baik tidak mungkin dikasih ruangan ini,” sebutnya.

Bahkan, kata Iwan, selama menjadi komisioner KPU, baru kali ini ada Pemda yang memberikan ruangan kerja untuk KPU dalam menangani validasi data pemilih.

Untuk diketahui, sidak ini juga dilakukan berdasarkan Surat Edaran (SE) Sekretaris Jenderal KPU Pusat Nomor 5 Tahun 2022 tentang pelaksanaan piket dilingkungan KPU dalam rangka penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024.

Terlihat, sidak yang dilakukan Iwan Rompo didampingi langsung Anggota KPU Konawe, Muhammad Kahfi Zurahman, Andang Masnur, Andriansyah Siregar dan Armanto serta Sekretaris KPU Konawe, Noor Jannah.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp