Akhir Masa Jabatan KSK, Dinas TPHP Konawe Optimis Capai 1 Juta Ton Gabah

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (TPHP) Konawe, Gunawan Samad (Kanan).

KAMALINEWS.CO.ID – Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (TPHP) Konawe optimis capai satu juta ton gabah di akhir masa jabatan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK).

Hal ini diungkap Kepala Dinas TPHP Konawe, H Gunawan Samad, Rabu (09/3/2022). Gunawan mengatakan, target tersebut mulai dicapai sejak Tahun 2019 lalu.

Dimana Tahun 2019 ditargetkan 220 ribu ton gabah, 2020 targetnya sebanyak 225 ribu ton gabah, 2021 targetnya 230 ribu ton gabah, 2022 targetnya 235 ribu ton gabah dan 2023 targetnya 240 ton gabah.

Total dalam 5 Tahun akan dicapai 1 juta lebih ton gabah.

”Dari target tersebut, kita sudah melebihi apa yang sudah kita targetkan karna di Tahun 2020 itu kita mencapai 297 ribu ton gabah untuk diproduksi, sedangkan di Tahun 2021 mencapai 211 ribu ton gabah untuk di produksi,” ucapnya saat ditemui di kantornya.

Baca Juga : Genjot Vaksinasi Anak, Pemda Konawe Perintahkan Catat ASN yang Anaknya Belum Divaksin!

Gunawan menambahkan, pihaknya juga merasa optimis bahwa sejuta ton gabah akan tercapai di akhir masa jabatan KSK sebagai Bupati Konawe dua periode.

Ia juga mengatakan, akan ada pengaruh panen padi tahun ini, karena ada beberapa jaringan irigasi yang di revitalisasi. Akan tetapi, akan tertutupi dengan panen di IP 300 di wilayah Tongauna.

“penanaman IP 300 ini tiga kali panen dalam semusim atau setahun,” lanjut Gunawan.

Gunawan berharap, produksi beras di Kabupaten Konawe tetap bisa dipertahankan dan ditingkatkan. Ia juga akan meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan petani di Konawe.

“kita pertahankan sebagai penyuplai beras di Sulawesi Tenggara ini,” tutupnya.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp