Pemda Konawe Fasilitasi Petani Terdampak Perbaikan Jaringan Irigasi

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Konawe, H Muhammad Akbar SP.

KAMALINEWS.CO.ID – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe fasilitasi para petani yang terdampak perbaikan atau rehabilitasi jaringan irigasi dibeberapa kecamatan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Konawe, H Muhammad Akbar SP, mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Konawe terkait upaya fasilitasi para petani untuk antisipasi ketahanan pangan menyusul adanya perbaikan jaringan irigasi.

“Dalam rangka mendukung ketahanan pangan wilayah-wilayah tersebut akan mengalih fungsikan tanaman yaitu tanaman horti lainnya seperti jagung dan kedelai,” kata Akbar, Selasa (15/2/2022).

Adapun bibitnya, kata Akbar, akan difasilitasi oleh Dinas Pertanian. Selain itu, pihaknya juga telah turun lapangan dibeberapa desa terdampak.

Baca Juga : 14 Tim PKK Kecamatan Di Konawe Dikukuhkan, Titin Nurbaya Kery Saiful : Jalankan Program Kerja Tepat Sasaran

Hasilnya, dana desa sebesar 20 % untuk ketahanan pangan akan dialokasikan untuk para petani yang terdampak dengan memberikan peralatan seperti mesin pompa air untuk tetap mengolah sawah.

Akbar mengungkapkan, dampak dari perbaikan jaringan irigasi ini tidak akan mengganggu ketersediaan pangan di Konawe.

“Untuk ketersediaan beras karena kita masih bisa panen di Tongauna, Abuki, Padangguni, Asinua, Walay yang tidak mengalami gangguan juga sebagian wilayah Unaaha,” ungkap Akbar.

Wilayah tersebut, dikatakan Akbar, masih ada hamparan sawah yang diolah sebesar 12 ribu hektar.

Akbar berharap, para petani memahami situasi perbaikan jaringan irigasi ini yang akan berdampak positif terhadap sumber daya air untuk para petani hingga 20 tahun yang akan datang.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp