Ketua DPRD Konawe Kaget Konawe Masuk Prioritas Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem

Ketua DPRD Kabupaten Konawe, H Ardin.

KAMALINEWS.CO.ID – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe, H Ardin menanggapi masuknya Kabupaten Konawe sebagai wilayah prioritas percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2022.

Ketua DPRD Konawe, H Ardin mengatakan, dirinya merasa heran dengan hal tersebut.

Pasalnya, tingkat pertumbuhan ekonomi di Konawe 6.3 persen tertinggi di Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Kok bisa ada kemiskinan ekstrem, tahu nda apa itu ekstrem? Ekstrem itu lebih parah dari kemiskinan struktural,” kata Ardin.

Ia juga mempertanyakan indikator kemiskinan ekstrem itu seperti apa. Sementara selama ini, kata dia, berdasarkan data-data yang ada cukup mumpuni.

“Jadi saya pertanyakan terus data-data yang dilaunching selama ini gimana?” lanjutnya.

Ardin mengatakan, hal ini juga akan berdampak pada tingkat kepercayaan publik terhadap pemerintah.

“Saya kaget karena data yang disajikan selama ini tingkat pertumbuhan kita tertinggi, cukup semua bagus-bagus, tiba-tiba datang ini kemiskinan ekstrem,” katanya.

Untuk diketahui, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan keputusan Nomor 25 Tahun 2022 tentang Kabupaten/Kota prioritas percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem Tahun 2022-2024.

Dalam keputusan itu 5 kabupaten di Sultra masuk diantaranya Kabupaten Konawe, Wakatobi, Kolaka Utara, Konawe Utara, dan Kolaka Timur.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp