Tingkatkan Kualitas SDM, Kery Gelontorkan Rp 125 Juta ke Unilaki

Penyerahan bantuan beasiswa Pemerintah Kabupaten oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa kepada Rektor Unilaki, Prof.Dr. Hj. Rostin, S.E., M.Si (Foto: Isimewa)
Penyerahan bantuan beasiswa Pemerintah Kabupaten oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa kepada Rektor Unilaki, Prof.Dr. Hj. Rostin, S.E., M.Si (Foto: Isimewa)

Kamalinews.id — Kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memfokuskan program pengembangan sumber daya manusia (SDM). Hal itu diungkapkan langsung pada pidato perdananya sebagai presiden periode 2019-2024.

“Untuk membangun bangsa, dibutuhkan juga SDM yang berkualitas,”

kata Jokowi pada Pidato Perdananya sebagai Preisden Indonesia priode 2019-2024, digedung MPR-RI, Jakarta, 20 Oktober 2019

Program prioritas tersebut pun diamini oleh daerah-daerah. Hal itu pula yang sedang dilakukan oleh Bupati Kabupaten Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK). Anggaran sebesar Rp 125 juta digelontorkan guna mengembangkan SDM di Universitas Lakidende (Unilaki). Bantuan itu pun diterima langsung oleh Rektor Unilaki, Prof.Dr. Hj. Rostin, S.E., M.Si, diruang kerja bupati konawe, Rabu (4/11/2020).

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa menuturkan bahwa, bantuan tersebut merupakan program pemerintah Kabupaten Konawe, dalam hal pengembangan sektor pendidikan. Ia juga menegaskan bahwa, pemberian bantuan itu tidak ada unsur politik sama sekali. “Itu semua untuk SDM yang jauh lebih baik lagi,” tuturnya.

Politisi PAN ini pun menuturkan bahwa, pengembangan SDM ini juga merupakan program prioritas Presiden Joko Widodo. Menurutnya, dengan SDM yang trampil, maka kekayaan daerah bisa dikelola dengan baik dan dampaknya pada peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyasrakat. Semoga tahun depan jumlahnya (beasiswa) bisa kita tingkatkan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Rektor Unilaki Prof Dr Hj Rostin, S.E., M.Si mengatakan, bantuan yang didapatkan akan dilakukan untuk menutupi biaya SPP kurang lebih untuk enam puluh mahasiswa yang berhak menerima. “Kriteria penerimanya itu mahasiswak kurang mampu, IPK diatas 2,75 dan berprestasi. Bantuan ini akan langsung direalisasikan. Jadi bantuan ini perdana,” ucap Prof Rostin.

Prof Rostin menyatakan jika bantuan yang diberikan itu akan sangat membantu para mahasiswa terlebih di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi (Covid-19) “Kita apresiasi terlebih ini dalam upaya peningkatan sumber daya manusia. Pak bupati juga sudah mengakui selalu siap untuk membantu,” katanya.

Prof Rostin juga menjelaskan, untuk tahap kedua juga direncanakan ada enam puluh mahasiswa yang akan menerima beasiswa. “jadi, total penerima untuk bantuan dari Pemda itu berjumlah 120 orang,” pungkasnya (mid)

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Terbaru Hari Ini