Plt Bupati Koltim Abd Azis Renovasi Jembatan Lambandia, Bertahun-Tahun Rusak Kini Makin Kokoh dan Nyaman Dilalui

Jembatan penghubung Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) dan Konawe Selatan (Konsel) yang berada di Kecamatan Lambandia akhirnya tuntas direnovasi oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Perhubungan (Dishub) Koltim, Senin (17/10/2022).

KAMALINEWS.CO.ID – Jembatan penghubung Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) dan Konawe Selatan (Konsel) yang berada di Kecamatan Lambandia akhirnya tuntas direnovasi oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Perhubungan (Dishub) Koltim, Senin (17/10/2022).

Renovasi atau perbaikan jembatan tersebut atas perintah Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Koltim, Abd Azis. Jembatan itu kondisinya dulu menghawatirkan karena sering terjadi kecelakaan bahkan tidak layak untuk dilalui. Seusai diperbaiki, jembatan ini kini kokoh dan nyaman untuk dilalui para pengendara.

Para pengendara baik roda dua dan roda empat pun merasa bahagia melewati jembatan ini. Walaupun kondisi jembatan yang dibuat dari paduan beton, besi dan kayu itu, namun sudah sangat membantu untuk jalur transportasi antar dua kabupaten. Terlebih, mayoritas dilalui para petani sawah dan pengusaha atau pembeli gabah kering saat musim panen, yang berasal dari Koltim.

Plt Kadis PU Koltim, Arisman mengatakan, sebenarnya jembatan ini memiliki status jembatan provinsi. Mulai dari desain, pembangunan, perawatan maupun perbaikan seperti ini merupakan kewenangan pemerintah provinsi.

Bahkan, termasuk anggaran dari tiga aspek tersebut. Hanya saja kata dia, Plt Bupati Koltim, Abd Azis menuntut Dinas terkait agar peka terhadap kondisi daerah dengan tidak harus menunggu pemerintah provinsi untuk turun memperbaiki jembatan Lambandia.

“Sehingga kami merasa ini pikiran sangat luar biasa dari bupati. Pak bupati bilang ke saya, bahwa kalau menunggu provinsi perbaiki ini jembatan, belum tentu akan cepat. Jangan tunggu korban jatuh di jembatan lalu kita perbaiki, ini kata bupati. Tidak boleh begitu katanya. Makanya dengan anggaran yang ada di kabupaten, kita pakai belanja balok dan kebutuhan bahan-bahan lain, alhamdulillah jembatan lambandia tuntas kita renovasi. Masyarakat akhirnya nyaman kita lihat jalan disini,” ujar Arisman kepada awak media.

Arisman melanjutkan, apapun itu yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat soal infrastruktur khususnya jalan dan jembatan di Koltim pihaknya selalu pro aktif melakukan pembangunan dan perbaikan.

Selain jembatan Lambandia, saat ini tercatat sudah ada beberapa yang dikerjakan olehnya atas perintah Plt Bupati Koltim. Terakhir jalan Ambapa di Kecamatan Tinondo.

Sementara itu, Plt Bupati Koltim, Abd Azis menjelaskan, Ia tidak mau berpikir panjang soal keluhan masyarakat apalagi jembatan Lambandia yang kondisinya sudah sangat mendesak untuk diperbaiki.

Ia menerangkan, kalau misalkan dalam satu tanggung jawab kewenangan seperti jembatan lambandia statusnya adalah menjadi tanggung provinsi tetapi warga Koltim lah yang menikmatinya maka disitu juga ada tanggung jawabnya.

“Kalau bisa dikerja oleh kabupaten tidak perlu tunggu tunggu provinsi. Karena yang melintasi jembatan itu juga adalah warga saya, maka secara tanggung jawab saya juga punya. Biar itu jembatan kewenangannya PBB atau Planet, tetap saya harus kerjakan, karena warga saya yang menikmatinya. Warga saya yang melintasi. Setelah direnovasi ini, barulah kita hadap Gubernur dan kadis-kadis di provinsi, minta agar dikerjakan. Artinya kita mulai dari kita dulu,” tegas Abd Azis.

Dalam kesempatan yang sama, warga yang bernama Astuti saat melintasi jembatan Lambandia menuturkan, renovasi ini tentunya memberikan perasaan lega saag melintasi jembatan ini.

Pasalnya, kata dia, dirinya merasa senang serta tidak takut lagi saat melintas karena kondisi rusaknya jembatan sudah bertahur-tahun tak kunjung diperbaiki.

“Saya bersyukur ini jembatan sudah diperbaiki. Kita harap kondisi jembatan ini tidak lagi menggunakan balok, tapi kalau bisa keseluruhan dibeton. Tapi ini sudah sangat membantu kami dalam beraktivitas,” ungkap Astuti.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+