Pilwabub Koltim Digelar, Abd Azis Melenggang

Calon Wakil Bupati Kolaka Timur, Kiri Abd Azis dan Kanan Diana Masse (Isrimewa)
Calon Wakil Bupati Kolaka Timur, Kiri Abd Azis dan Kanan Diana Masse (Isrimewa)

KAMALINEWS.CO.ID — Dinamika politik panjang akan segera berakhir. Selangkah lagi kursi Wakil Bupati (Wabub) Kolaka Timur (Koltim) akan terisi. Empat partai politik pengusung yakni, PDIP, Gerindra, Demokrat dan PAN pun telah mengusung pasangan calon. Mereka adalah, Abd Azis yang diusung Gerindra, PAN dan Demokrat dan Diana Masse diusung oleh PDIP.

Rabu, 27 Juli 2022, DPRD Koltim pun akan melaksanakan penetapan calon pada Pemilihan Wakil Bupati (Pilwabup) Koltim sisa periode 2021-2026. Kedua calon tersebut pun telah siap untuk memperebutkan 25 total suara anggota DPRD Koltim pada proses pemilihan yang direncanakan akan digelar pada, Kamis, 28 Juli 2022.

Faktanya Abd Azis memiliki keunggulan dari komposisi partai pengusung dengan total 8 suara, masing-masing Gerindra 2 suara, PAN 4 suara dan Demokrat 2 suara. Sementara itu, Diana Masse yang diusung oleh PDIP memiliki 3 suara. Sedangkan untuk suara diluar pengusung yakni Golkar 2 suara, PKS 3 suara, PBB 1 suara, dan NasDem 8 Suara.

Melihat konstelasi politik tersebut, Abd Azis memiliki keunggulan dalam dukungan di DPRD Koltim. Menurut Pengamat politik Sulawesi Tenggara (Sultra), Najib Husain, diatas kertas Abd Azis akan melenggang menjadi Wakil Bupati Koltim. “Peluang Abdul Aziz menangkan Pilwabup Koltim sangat besar dengan suara dasar dari partai pengusung yang saya yakin tetap solid walaupun pemilihan molor dan  ditambah partai diluar pendukung yaitu juga 8 suara sehingga bulat 16 suara dan tersisa 9 suara,” tuturnya saat dihubungi via selulernya, di Kendari.

Selain itu, Najib juga mengungkapkan fakta bahwa dukungan terhadap Abd Azis sangat kokoh. Hal itu juga dapat dilihat dari keseriusan Ketua Ketua Partai politik dalam memastikan dukungan kadernya kepada Abd Azis di Pilwabub Koltim. “Bahkan sampai pada tingkatan DPP, Azis mendapatkan dukungan. Jadi saya yakin Azis memiliki basis suara yang sangat kuat, jadi kecil kemungkinan bagi Diana Masse bisa bersaing,” ungkapnya.

Dari total 25 suara yang akan diperebutkan pada Pilwabub Koltim, Najib pun memprediksikan Abd Azis pun bisa mendapatkan sekitar 20 suara. “Melihat komposisi kursi dari partai pengusung saja ditambah dengan diluar pengusung itu, Abd Azis itu bisa meraup suara sekitar 80 persen. Ya, sekitar 20 suara. Abd Azis akan mudah melenggang ke kursi Wabub Koltim,” katanya.

Delapan Anggota DPRD Koltim Siap Menangkan Abdul Azis

Kekuatan Abd Azis pada Pilwabub Koltim pun dibuktikan dengan sejumlah Anggota DPRD Koltim yang telah menentukan sikap. Dikungan itu pun disuarakan oleh Partai NasDem. Yudo Handoko, selaku anggota DPRD Koltim yang juga ketua DPD Partai NasDem Koltim, mewakili tujuh rekan-rekannya di DPRD menyatakan siap memenangkan Abd Azis.

“Kami komitmen memengkan AAS (Singkatan nama Abd Azis). Kami ingin menjadi pemenang di pemilihan wakil bupati Koltim kedepan,” katanya kepada wartawan.

Yudo sapaan akrab pria bertubuh sejahtera ini menekankan kepada seluruh anggota DPRD Koltim fraksi NasDem untuk bersama-sama membawa Abd Azis sebagai pemenang pada pemilihan wakil bupati. Apalagi kata dia, visi dan misi yang mereka dapatkan sudah dibaca dan dicerna ebaik mungkin.

“Kami lihat calon ini bisa membawa perubahan besar untuk daerah ini. Kami ini melihat Koltim yang maju dan berkembang di tangan Abdul Azis,” katanya. (yog)

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+