Pemprov Sultra Siapkan Dua Agenda Peringati Hari Pahlawan

Pahlawan Nasional asal Sultra, Sultan Himayatuddin Muhammad Saydi atau Oputa Yii Koo, Sultan Buton XX dan XXIII (Foto: Istimewa)
Pahlawan Nasional asal Sultra, Sultan Himayatuddin Muhammad Saydi atau Oputa Yii Koo, Sultan Buton XX dan XXIII (Foto: Istimewa)

Kamalinews.id — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) tengah mempersiapkan upacara peringatan Hari Pahlawan yang akan dilaksanakan 10 November mendatang. Peringatan tersebut telah menjadi rutinitas setiap tahunnya. Namun, masih berada ditengah pandemi covid-19, peringatan Hari Pahlawan mendatang akan digelar sedikit berbeda.

Acara peringatan yang sebelumnya acap kali digelar dengan meriah, sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan para pahlawan, ditengah pandemi covid-19, terpaksa harus dilakukan dengan taat terhadap protokol kesehatan. Hal itu diungkapkan oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra, Sekertariat Daerah (Setda) Sultra, Basira.

Basiran mengungkapkan, dalam peringatan Hari Pahlawan, tahun 2020, Pemprov Sultra mengangat tema, “Pahlawanku Sepanjang Masa”. “Ada dua kegiatan yang akan kita laksanakan. Pertama, upacara ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Watubangga, Kota Kendari. Kedua, Upacara Tabur Bunga di Dermaga Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kendari,” tuturnya saat memimpin rapat persiapan upacara peringatan Hari Pahlawan, di Kantor Gubernur Sultra, di Kendari, Jumat (05/11/2020).

Ia juga mengungkapkan untuk kegiatan pertama akan dipimpin langsung oleh Gubernur Sultra Ali Mazi. “Untuk kegiatan ziarah Gubernur Sultra Ali Mazi akan bertindak sebagai inspektur upacara. Sedangkan untuk kegiatan upacara tabur bunga di Dermaga Lanal Kendari, akan dipimpin oleh Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas,” ungkapya.

Menggelar acara ditengah pandemi covid-19, Basiran memastikan penerapan protokol kesehatan akan diterapkan secara maksimal. “Salah satu penerapan protokol kesehatan adalah, membatasi peserta undangan yang akan hadir pada acara tersebut. Upacara ini dilaksanakan pada tanggal 10 November, untuk gladi akan dilakukan pada tanggal 9 November 2020,” jelasnya.

Selain itu, peringatan Hari Pahlawan nantinya, seluruh lembaga pemerintahan maupun swasta (perusahaan) diminta untuk memasang baliho. Dengan desain baliho yang sergam yang telah disiapkan oleh Dinas Sosial Provinsi Sultra. Desain Pahlawan yang dimaksud adalah pahlawan nasional asal Sultra, Sultan Himayatuddin Muhammad Saydi atau Oputa Yii Koo (Sultan Buton XX dan XXIII).

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp