Pemprov Sultra Mulai Cairkan Gaji 13

Kepala BPKAD Provinsi Sultra, HJ Isma
Kepala BPKAD Provinsi Sultra, HJ Isma

Kamalinews.id — Ditengah terpaan musibah wabah corona atau covid-19, pemerintah memberikan kabar gembira bagi para abdi negara. Gaji ke 13 yang ditunggu-tunggu, mulai hari ini sudah dicairkan. Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri dan Pensiunan Sultra mulai dibayarkan hari ini, Senin 10 Agustus 2020.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra, Hj Isma mengatakan, gaji ke 13 yang dinanti kini sudah mulai ditransfer ke rekening masing-masing abdi negara. Pembayaran dilakukan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, Tunjangan atau Penghasilan Ketiga Belas Tahun 2020. “Hari ini, proses pencairan gaji ke 13 sudah mulai dilakukan,” tuturnya, di Kendari, Senin (10/7).

Seperti dijelaskan di dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, Tunjangan atau Penghasilan Ketiga Belas Tahun 2020. Pada Pasal 5 ayat (1) dijelaskan, besaran gaji ke 13 akan diberikan paling banyak sebesar penghasilan PNS yang bersangkutan pada bulan Juli.

Mantan Pj Sekprov Sultra ini juga menjelaskan bahwa, untuk PNS, prajurit TNI atau anggota Polri yang telah meninggal dunia, atau gugur, serta hilang, maka besaran gaji ke 13 yang diterima akan sebesar satu bulan gaji terusan pada Juli.Adapun anggarannya akan dibebankan pada instansi atau lembaga tempat PNS, prajurit TNI atau anggota Polri tersebut bekerja. Sementara untuk penerima pensiun, gaji ke 13 paling banyak meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga dan atau tunjangan tambahan penghasilan.

Sementara untuk Calon PNS (CPNS), besaran gaji ke 13 paling banyak meliputi 80 persen dari gaji pokok PNS, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum. Selain itu, juga dijelaskan, gaji ke 13 tahun ini tidak meliputi tunjangan kinerja atau pun insentif kinerja. Sementara itu untuk anggaran gaji ke 13 untuk Pemprov Sultra tahun ini mencapai Rp 57.259.938.377 Anggaran tersebut pembayara gaji 13 sebanyak 13.255 orang PNS. “Sampai hari ini sudah 24 OPD yang telah mengajukan pembayaran gaji 13 mereka,” pungkasnya.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp