Pemkab Konawe Lantik JPT Pratama Sesuai Peraturan

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe, Ferdinand Sapan saat melantik JPT Pratama lingkup Pemkab Konawe, Senin (31/5/2021).

KAMALINEWS.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe melantik dan mengambil sumpah jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama lingkup Pemkab Konawe oleh Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe, Ferdinand Sapan di ruang kerjanya, Senin (31/5/2021).

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ferdinand Sapan mengatakan pelantikan dan pengambilan sumpah itu telah sesua peraturan perundang-undangan.

“Dimana sebelumnya telah dilakukan pengajuan usul mutasi rotasi kepada Komisi Aparatur Sipil Negera (KASN) dan telah disetujui sebanyak 30 JPT Pratama,” kata Kery.

Para JPT Pratama juga sebelumnya telah dilakukan uji kompetensi. Sedangkan pelaksanan pelantikan itu didasarkan pada surat KASN, surat edaran (SE) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Surat Bupati Konawe Nomor 281.1/234/2021, surat rekomendasi hasil uji kompetensi JPT lingkup Pemkab Konawe serta surat rekomendasi atas    laporam hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Kery melanjutkan, pengisian JPT ini dapat dilakukan jika yang bersangkutan telah mengikuti jabatan paling singkat 2 tahun dan paling lama 5 tahun.

“Terhitung sejak pelantikan dalam surat edaran Menpan dan Reformasi Birokrasi menyebutkan bahwa rotasi mutasi jabatan pimpinan tinggi dapat dilakukan paling singkat 1 tahun menduduki jabatan terhitung sejak pelantikan,” lanjut Kery.

Ia juga menyebut dalam setiap organisasi tidak terlepas dari mutasi, promosi dan rotasi. Hal ini dilakukan, dalam rangka penataan organisasi dan pengembangan karir sesuai dengan kualifikasi.

Selain itu juga dalam rangka meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan pengalaman serta menghindari terjadinya temuan dalam suatu organisasi perangkat daerah (OPD).

Ia berharap Aparatur Sipil Negara (ASN) di Konawe dapat menjadi contoh tauladan terhadap masyarakat luas dan mendorong penyelenggaraan pembangunan di Kabupaten Konawe.

Baca Juga :

Sementara itu, Sekab Konawe Ferdinand Sapan mengatakan rotasi dan mutasi jangan menjadi alasan para pejabat JPT Pratama tidak produktif dalam bekerja.

“Sadari bahwa pelantikan itu adalah bentuk tanggung jawab sebagai ASN untuk ditempatkan dimana saja berdasarkan kondisi kita, kompetensi, kinerja maupun hal lain,” kata Ferdinand.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe, Ferdinand Sapan

Ia melanjutkan, rotasi dan mutasi jabatan baru terdapat makna dan hikmah yang lebih besar didalamnya. Namun, hikmahnya bakal tidak ada jika pejabat yang di rotasi dan mutasi tidak fokus terhadap tugasnya.

Ia mendorong, dalam jabatan baru, pejabat seharusnya menonjolkan sikap tekun dan ulet dalam bekerja.

“Kita dipindah itu bagian dari tempat kita belajar. Jadi kalau kita selalu ingin enak, kapan kita rasakan susahnya,” lanjut Ferdinand.

Ia berharap, para pejabat yang baru dilantik ini dapat menerapkan gaya kepemimpinan yang adaptif. Dimana, kemampuan seseorang secara cerdas mampu melihat dinamika dan meresponnya secara positif, baik itu peluang maupun permasalahan.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe, Ferdinand Sapan saat berfoto bersama JPT Pratama dan Ketua DPRD Konawe, H Ardin serta Kepala BP2RD, Cici Ristianty.

Untuk diketahui, berikut daftar pimpinan SKPD yang baru dan berganti, serta staf ahli dan asisten:

1. Ir. Muh. Syahrullah jabatan sebelumnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) jabatan baru Staf Ahli Bupati Konawe.
2. Samsul, S.E., M.SA jabatan sebelumnya Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan jabatan baru Staf Ahli Bupati Konawe.
3. Daud Sirupa, S.E., M.Si. jabatan sebelumnya Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana jabatan baru Asisten I.
4. Ilham Jaya, S.T., M.M. jabatan sebelumnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup jabatan baru Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan.
5. Dr. H. Herianto Wahab, M.Kes. jabatan sebelumnya Kepala Satuan Polisi Pamong Praja jabatan baru Kepala Dinas Lingkungan Hidup.
6. Nasruddin, S.H., M.H. jabatan sebelumnya Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika jabatan baru Kepala Satuan Polisi Pamong Praja.
7. Drs. Muhammad Akib Ras, M.Si. Rais jabatan sebelumnya Asisten I jabatan baru Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika.
8. H. Gunawan Samad, SP, M.Si jabatan sebelumnya Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan jabatan baru Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura.
9. Ir. Syahrudin, M.Si. jabatan sebelumnya Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura jabatan baru Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan.

Dari delapan SKPD yang berganti pimpinan dua diantaranya masih berstatus kosong yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. (AR).

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Terbaru Hari Ini