Lima Fakta Kesuksesan KSK Memimpin Konawe

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK)

KAMALINEWS.CO.ID – Lima fakta kesuksesan Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK) dalam memimpin Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Bupati Konawe dua periode itu mengungkapkan kesuksesan kepemimpinannya dapat dibuktikan dan dilihat dari berbagai data yang ada.

KSK mengatakan, berdasarkan data yang ada empat hingga lima tahun terakhir menjadi momentum terbaik bagi kemajuan daerah ini.

“Kita tentunya bangga bahwa pada saat ini kita telah menunjukan¬† kinerja-kinerja yang sangat baik dalam penyelenggaraan pemerintahan didaerah ini,” kata KSK saat upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Konawe yang ke 62 Tahun, Rabu (02/2/2022) kemarin.

Baca Juga : HUT Konawe Ke 62 Tahun dan Kesuksesan KSK Pimpin Konawe

Berikut lima fakta kesuksesan KSK dalam memimpin Kabupaten Konawe yang telah dirangkum awak media ini :

1. Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Konawe patut diacungi jempol. Pasalnya, kemajuan dan ketahanan ekonomi di Kabupaten Konawe dapat dilihat melalui angka pertumbuhan ekonomi yang senantiasa bergerak positif bahkan meskipun pada masa pandemi Covid-19.

Sementara, daerah-daerah lainnya di Sultra mengalami perlambatan pertumbuhan hingga level mines.

Pada Tahun 2018 pertumbuhan ekonomi mencapai 10,7 %. Tahun 2019 meningkat menjadi 11,84 %. Tahun 2020 dimasa pandemi tumbuh positif 6,42 % dan pada Tahun 2021 naik menjadi 6,51 %.

“Pencapaian pertumbuhan ini jauh diatas rata-rata pertumbuhan Kabupaten/Kota lainnya di Sultra,” ujar KSK.

2. Pendapatan Perkapita Masyarakat Meningkat

Implikasi dari pertumbuhan ekonomi itu yang positif telah memberikan dampak pada peningkatan pendapatan perkapita masyarakat Kabupaten Konawe.

Pada Tahun 2017 pendapatan perkapitan
masyarakat Kabupaten Konawe baru mencapai Rp. 22.265.000 perkapita/tahun atau Rp. 1.855.000 perkapita/bulan.

Naik signifikan menjadi Rp. 30.073.816 perkapita/tahun atau Rp. 2.506.000 perkapita/bulan Tahun 2021.

3. Prestasi Nasional Capaian Investasi

Khusus untuk capaian investasi daerah pada Tahun 2021, mencatatkan prestasi yang sangat membanggakan.

Kabupaten Konawe menempati urutan ketujuh nasional realisasi investasi tertinggi yakni sebesar 20 triliun meninggalkan jauh daerah lainnya di Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Pada tahun ini rencana investasi besar juga akan masuk di Kecamatan Routa sebesar 58 triliun. Ini tentunya akan semakin memperkokoh ketahanan perekonomian Kabupaten Konawe dan akan membawa manfaat besar bagi Provinsi Sulawesi Tenggara dan Indonesia,” lanjut KSK.

4. Angka Kemiskinan Menurun

Sementara dari sisi kinerja penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Konawe dalam  lima tahun terakhir ini telah berhasil menurunkan angka kemiskinan dari 15,65 % di Tahun 2017 menjadi 13,03 % di tahun 2021.

Ini sekaligus menempatkan Kabupaten Konawe sebagai daerah dengan kinerja penurunan angka kemiskinan tercepat se-Provinsi Sulawesi Tenggara dalam lima tahun terakhir.

5. Indeks Pembangunan Manusia Meningkat

Indeks pembangunan manusia (IPM) juga terus mengalami peningkatan. Pada Tahun 2018 sebesar 70,72 kemudian pada Tahun 2019 naik menjadi 71,29.

Selanjutnya Tahun 2020 mencapai 71,35 dan tahun 2021 meningkat menjadi 71,48.

“Pencapaian ini tentunya adalah hasil dari kerja cerdas dan kerja keras kita semua sehingga menghasilkan prestasi yang gemilang. Saya berterimakasih kepada seluruh stakeholder pemerintah, lembaga-lembaga vertikal dan masyarakat kabupaten konawe yang telah bersama-sama berperan dalam pembangunan di Kabupaten Konawe. Harmonisasi antar lembaga pemerintah dan masyarakat adalah kunci sukses kita mencapai kegemilangan ini,” tutup KSK.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp