KSK Minta Pembangunan di Bokori Dihentikan

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa

Kamalinews.co.id – Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa meminta secara tegas aktivitas proyek di objek wisata pulau bokori segera dihentikan.

Alasannya, aktivitas proyek di pulau itu diketahui melalui ijin dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Sementara, Pulau Bokori sendiri merupakan bagian wilayah Kabupaten Konawe.

“Harus di stop,” kata pria yang akrab disapa KSK ini di kediamannya, Kamis (29/4/2021).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengatakan aktivitas proyek dapat dilanjutkan kembali. Apabila ada renegosiasi antara pemerintah provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Daerah (Pemda).

Menurut Bupati Konawe dua periode ini, Pemda Konawe selama ini belum mendapatkan apa-apa. Padahal diketahui, pengelolaan pulau itu telah berjalan selama kurang lebih lima tahun.

Ia melanjutkan, pemerintah provinsi dalah hal ini Dinas Pariwisata Sultra selama menangani pulau bokori hanya berstatus sebagai pinjam pakai.

“Nur Alam Ketika itu menyatakan keinginannya untuk membangun Bokori. Saya oke, dengan catatan status pinjam pakai,” lanjut Kery.

Mantan Ketua DPRD Konawe ini juga mengklaim, jika pihaknya saat ini telah memiliki anggaran untuk membangun pulau bokori. Sekaligus mengembangkan pulau Saponda laut.

Kery juga merasa tersinggung terkait pengelolaan pulau itu. Dimana, pengembang yang akan bermitra diduga hanya berhubungan dengan pemprov.

Kery menegaskan jika hal tersebut merupakan hal yang keliru. Pasalnya, pulau bokori merupakan aset milik Kabupaten Konawe.

“Bokori itu masuk dalam wilayah Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe,” ujar Kery.

Kery juga menyayangkan sikap pemprov selama ini. Kery merasa pihaknya tidak dilibatkan dalam bagi hasil pengelolaan pulau bokori.

“Ibarat Pemerintah provinsi itu orang tua, dia harus menghidupi “anaknya” Kabupaten Konawe. Tapi, ini terbalik. Bokori itu hartanya Konawe. Ini namanya, orang tua durhaka sama anaknya,” katanya sambil tersenyum.

Bukan hanya objek wisata pulau bokori. Kery menegaskan renegosiasi ditunjukan untuk seluruh objek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Konawe.

“Tanpa itu (renegosiasi) saya minta seluruh kegiatan apapun di atas pulau Bokori dihentikan.” Tandas Kery. (AR)

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp