KSK Buka Jambore Pramuka Tingkat Kabupaten Konawe, Dorong Pembentukan Karakter Generasi Muda

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK) buka dengan resmi Jambore Pramuka tingkat Kabupaten Konawe Tahun 2022 di Bumi Perkemahan Konggoasa, Kecamatan Amonggedo, Kabupaten Konawe, Kamis (19/5/2022) lalu.

KAMALINEWS.CO.ID – Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK) buka dengan resmi Jambore Pramuka tingkat Kabupaten Konawe Tahun 2022 di Bumi Perkemahan Konggoasa, Kecamatan Amonggedo, Kabupaten Konawe, Kamis (19/5/2022) lalu.

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Konawe itu mengatakan, gerakan pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa,

Kemudian memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup dan berkecakapan hidup adalah salah satu kalimat singkat yang bisa mengambarkan amanat UU gerakan pramuka tersebut.

“Dua aspek fisik yang sudah semestinya diterapkan pada setiap pribadi bangsa Indonesia. Sebagaimana kita ketahui, Gerakan Pramuka merupakan suatu sistem pendidikan nonformal yang membantu dan melengkapi pendidikan formal Gerakan Pramuka adalah wahana penting untuk membentuk watak atau karakter dan kepribadian nasional bagi generasi muda bangsa,” kata KSK.

Mantan Ketua DPRD Konawe itu melanjutkan, Gerakan Pramuka adalah tempat menempa keterampilan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya.

Di organisasi Gerakan Pramuka ini, kata KSK, dapat digunakan sebagai sarana belajar berbagai keterampilan yang tidak diperoleh dibangku sekolah, belajar berkomunikasi dengan berbagai kalangan, belajar bermain di alam bebas, membangun keberanian dan tanggung jawab dan belajar memimpin anggota yang lain.

“Semuanya itu menempa kita untuk mandiri, berani, bertanggung jawab, berdisiplin dan terampil. Sehingga kita semua harus bangga menjadi anggota Pramuka,” kata KSK.

Lebih lanjut, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu menuturkan, Era globalisasi dewasa ini penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, akan tetapi manusia tetap merupakan faktor penentu yang paling utama.

Untuk itulah, pihaknya ingin membangun manusia yang memiliki karakter, serta membangun njenes bangsa yang memiliki watak yang kuat. Bukan hanya membangun manusia atau kaum muda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan, akan tetapi juga kaum muda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, hidup dalam kerukunan, kekompakan serta selalu bersatu dan menjunjung kesatuan dan persatuan.

“Kegiatan Jambore Cabang tingkat Kabupaten Konawe ini diharapkan dapat mendidik adik adik penggalang menjadi pramuka yang rajin, terampil dan gembira. Kami berharap dengan adanya kegiatan jambore cabang ini dapat membentuk pramuka yang sesuai dengan nilai nilai yang tercantum dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka,” ujar KSK.

Dalam kesempatan itu juga, KSK menekankan pentingnya pembentukan karakter bangsa. Dimana, saat ini fenomena yang terjadi di era globalisasi ini, banyak generasi muda yang berperilaku kontradiktif dengan nilai-nilai karakter bangsa.

Contohnya, kondisi moral para pelajar sekarang ini jika dibandingkan beberapa tahun yang silam. Dahulu, sangat menghormati guru. Melihat guru saja sudah merasa segan, membungkukkan badan jika berjalan di depan guru.

“Tetapi anak-anak sekarang mereka hanya lewat saja tanpa sedikitpun menegur gurunya pelajar tidak menyadari bahwa guru adalah orang tua bagi mereka jika berada di sekolah. Sedangkan dengan orang tuanya pun mereka sudah tidak hormat, apalagi dengan guru yang telah berjasa membuat mereka berpengetahuan,” tambah KSK.

KSK menjelaskan, melalui kegiatan Jambore Cabang ini, dirinya mengajak kepada semua pihak terutama kepada para andalan, baik di tingkat Cabang, Ranting maupun yang berada di Gugus Depan untuk lebih merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah untuk percepatan dalam pembentukan karakter kaum muda Indonesia, serta meningkatkan kualitas gugus depan sebagai wahana pendidikan karakter bangsa.

Melalui kegiatan Jambore Cabang Tahun 2022 ini, disamping merupakan pelaksanaan program kerja pengurus Kwartir Cabang, juga merupakan salah satu bukti nyata tidak adanya perlakuan yang berbeda diantara gugus depan yang berpangkalan di SD dan MI, atau pun di SMP dan MTs yang tersebar di 29 Kecamatan yang ada di Kabupaten Konawe.

“Saya minta kepada kepala-kepala sekolah Kabupaten di Konawe, mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga tingkat lanjutan untuk turut berperan serta mendukung pencapaian tujuan Gerakan pramuka khususnya di sekolah,” jelasnya.

Galang terus persaudaraan dan persahabatan diantara sesama gerakan Pramuka, menjadikan sebagai modal bagi terciptanya kerukunan dan harmoni dalam kemajemukan bangsa melalui berbagai kegiatan yang berkesinambungan mulai dari tingkat Gugus depan, Tingkat Ranting, Tingkat Cabang, Tingkat Daerah dan Nasional.

“Hal ini perlu terus dijaga dan dipelihara mengingat dengan adanya kebersamaan dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan Kwarcab tentunya akan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas Gerakan Pramuka yang ada di Kabupaten Konawe,” pungkasnya.

“Semoga pelaksanaan kegiatan Jambore Cabang tahun 2022 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Konawe ini dapat mendorong perkembangan dan kemandirian gerakan pramuka untuk mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda yang lebih baik, sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan, khususnya di Kabupaten Konawe,” tutupnya.

Untuk diketahui, turut hadir dalam pembukaan ini Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Tenggara, Irawan Laliasa, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Konawe, Pince Sonaru, Anggota DPRD Kabupaten Konawe, Sekertaris Daerah Kabupaten Konawe, Dr Ferdinand SP MH, Pimpinan OPD, Camat dan Muspida.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+