Kery Saiful Konggoasa Perintahkan Dinas PU Segera Bangun Infrastruktur di Onembute

KAMALINEWS.CO.ID – Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa perintahkan Dinas Pekerjaaan Umum (PU) agar segera membangun dan memperbaiki infrastruktur di Kecamatan Onembute. Hal tersebut merupakan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe untuk mengebut pengerjaan proyek infrastruktur di Tahun 2022.

Wilayah Kecamatan Onembute diketahui juga menjadi satu diantara wilayah lainnya yang menjadi prioritas. Kepastian itu diperoleh usai Kery Saiful Konggoasa melakukan lawatan di wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) ini, Senin (4/10/2021) kemarin.

Dalam lawatannya itu, Kery langsung memerintahkan instansi terkait agar secepatnya meningkatkan kualitas jalan di Onembute, termasuk membangun jembatan yang rusak diterpa bencana alam ditahun 2019 silam.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengatakan, persoalan infrastruktur menjadi hal penting dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat Konawe, terkhusus warga yang ada di Kecamatan Onembute maupun yang menggunakan akses di jalan ini.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat Meninjau Infrastruktur di Kecamatan Onembute.

Akses jalan maupun jembatan yang memadai, kata Kery, dapat menunjang aktivitas pergerakan ekonomi masyarakat. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dari segi transportasi akibat rusaknya infrastruktur.

“Saya sudah perintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) agar dianggarkan itu perbaikan jalan serta jembatan di Onembute. Mudah-mudahan tahun depan sudah terealisasi,” ujar Bupati Konawe dua periode ini.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Konawe, Noor Jannah menjelaskan, pihaknya telah menindaklanjuti perintah Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa terkait perbaikan infrastruktur di Kecamatan Onembute baik peningkatan kualitas jalan maupun jembatan di Onembute rencananya bakal dianggarkan pada tahun 2022.

“Untuk jembatan, kita akan perbaiki yang terkena bencana tahun 2019. Titiknya itu jembatan berada di poros Onembute-Trimulya. Jembatan itu harusnya masuk Rehabilitasi dan Rekonstruksi (RR) di BPBD. Tapi karena anggaran pusat tidak turun jadi kita anggarkan di PUPR. Bentangannya itu 7 meter dengan estimasi anggaran Rp 900 juta,” ungkap Noor Jannah.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat Meninjau Infrastruktur di Kecamatan Onembute.

Sekretaris Dinas (Sekdis) PUPR Konawe itu menambahkan, terkait perbaikan jalan di Onembute, pihaknya bakal melakukan pengukuran terlebih dahulu berapa panjang jalan yang bakal diaspal ataupun yang sekadar perkerasan. Nanti setelah diukur, baru Dinas PUPR bisa memastikan berapa akumulasi anggaran yang bakal diporsikan melalui kas daerah.

“Untuk pengaspalannya, ada diruas Onembute-Anggaloosi dan ruas Onembute-Ulumeraka. Perkerasan jalan ada di beberapa titik, salah satunya diruas Onembute-Napoosi. Terus kita ada juga rencana pengaspalan di wilayah Uepai menuju Tawamelewe. Kalau yang menuju tempat pengolahan pasir itu kita cuma beri perkerasan saja,” jelas Noor Jannah.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+