Gubernur Sultra Lepas Kafilah MTQ Nasional ke-XXIX Tahun 2022

Gubernur Sultra Ali Mazi Melepas Kontingen MTQ Nasional 2022. (Biro Adminpim, Frans Patadungan)
Gubernur Sultra Ali Mazi Melepas Kontingen MTQ Nasional 2022. (Biro Adminpim, Frans Patadungan)

KAMALINEWS.CO.ID — Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH., memberikan sambutan pada acara Pelepasan Kafilah Sulawesi Tenggara mengikuti MTQ Nasional ke-XXIX Tahun 2022 di Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, di Aula Merah Putih, Rumah Jabatan Gubernur Sutra, Kendari, 8 Oktober 2022.

Acara ini dihadiri oleh; Ketua DPRD Sulawesi Tenggara, Abdurrahman Shaleh; Komandan Korem 143/Halu Oleo, Brigjen TNI. Yufti Senjaya; Kabagwatpers Biro SDM Polda Sulawesi Tenggara, AKBP Susilo; Asisten I (Pemerintahan dan Kesra) Sekretaris Daerah Sulawesi Tenggara, Muhammad Ilyas Abibu; Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Sulawesi Tenggara, Yusmin; Ketua MUI Provinsi Sulawesi Tenggara, KH. Mursyidin Hamid; Wakil Ketua MUI Provinsi Sulawesi Tenggara, KH. Djakri Napu; perwakilan Kemenag Prov Sulawesi Tenggara; Kasibintal Lanud HLO, Nursalam; dan Qori’ah Ifantri Nur Sholehah.

Gubernur Sultra Ali Mazi Melepas Kontingen MTQ Nasional 2022. (Biro Adminpim, Frans Patadungan)

Keikutsertaan kafilah Sulawesi Tenggara pada MTQ Nasional merupakan agenda rutin Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai salah satu upaya peningkatan dan pengembangan pembinaan seni baca Al Qur’an dalam rangka penguatan implementasi program Sulawesi Tenggara beriman sebagai salah satu program prioritas pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Alhamdulillah, sebelumnya kita telah menyelenggarakan MTQ Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai salah satu tahapan penyelenggaraan MTQ Nasional yang telah terlaksana dengan baik dan sukses. Pada pelaksanaan MTQ Provinsi Sulawesi Tenggara tersebut, saya melihat ada nuansa berbeda yang dirasa lebih memberi makna terhadap penguatan pemahaman dan implementasi moderasi beragama, dimana berbagai elemen masyarakat lintas agama, lintas budaya dan lintas generasi turut serta, berpartisipasi dalam Pawai Ta’aruf dan Etno Religi Karnafal sebagai salah satu rangkaian kegiatan MTQ Prov. Sulawesi Tenggara tahun 2022,” kata Gubernur Ali Mazi.

Apa yang telah kita saksikan bersama pada kegiatan MTQ Prov. Sulawesi Tenggara tersebut menjadi gambaran nyata bahwa kerukunan telah melekat dalam jati diri masyarakat Sulawesi Tenggara. Perbedaan bukanlah penghalang bagi kita untuk tetap hidup rukun, damai dan saling menyayangi, sebagaimana pesan Al Qur’an: Lakum Dinukum Waliyadin, bagimu agamamu, bagiku agamaku.

 Suatu kesyukuran juga bagi kita bahwa MTQ Provinsi Sulawesi Tenggara tahun ini dilaksanakan dengan tatap muka secara langsung, dimana pada MTQ Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2020 yang lalu dilaksanakan secara virtual karena penerapan protokol kesehatan Covid-19. Kegiatan MTQ Provinsi Sulawesi Tenggara yang dilaksanakan dengan tatap muka secara langsung tersebut dapat menjadi momentum penguatan ikatan kebersamaan dan persaudaraan masyarakat Sulawesi Tenggara, khususnya bagi kafilah kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara.

Gubernur Sultra Ali Mazi Melepas Kontingen MTQ Nasional 2022. (Biro Adminpim, Frans Patadungan)

“Saya berharap MTQ sebagai bagian dari pembinaan seni baca Al Qur’an dapat memberi dorongan dan motivasi masyarakat untuk membaca, mempelajari, memahami dan mengamalkan ajaran Al Qur’an dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujar Gubernur Ali Mazi.

Gubernur Ali Mazi yakin melalui pelaksanaan MTQ Provinsi Sulawesi Tenggara telah menghasilkan peserta yang berkualitas yang akan mewakili kafilah Sulawesi Tenggara pada Mtq Nasional ke-29 di Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. Untuk itu, mengiringi keberangkatan peserta MTQ sekalian mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional ke-29 Tahun 2022 di Banjarmasin, Gubernur Ali Mazi menitip pesan dan harapan sebagai berikut:

Gubernur Sultra Ali Mazi Melepas Kontingen MTQ Nasional 2022. (Biro Adminpim, Frans Patadungan)

Senantiasa menjaga dan memelihara kebersamaan, kekompakan dan persaudaraan;

Kepada para pengurus, pelatih dan official agar memberi perhatian yang maksimal dalam membina dan membimbing anak-anak peserta agar dapat meraih prestasi yang lebih baik;

Selalu menjaga kesehatan, agar dapat ber-musabaqah dalam kondisi yang prima serta mampu tampil secara optimal.

Sebagai duta Sulawesi Tenggara, jagalah nama baik daerah dengan senantiasa bersikap santun dan ber-akhlakul karimah.

 Gubernur Ali Mazi menyatakan secara resmi melepas keberangkatan kafilah Provinsi Sulawesi Tenggara mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional ke-29 Tahun 2022 di Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Gubernur Sultra Ali Mazi Melepas Kontingen MTQ Nasional 2022. (Biro Adminpim, Frans Patadungan)

MTQ Nasional ke-XXIX Tahun 2022

Peserta kafilah Sulawesi Tenggara adalah peserta terbaik satu MTQ Prov. Sulawesi Tenggara, sebanyak 54 orang mengikuti suluruh cabang dan golongan lomba MTQ sebagai berikut: A. Cabang Seni Baca Al Qur’an terdiri atas: 1) Golongan Tartil Al Qur’an putra putri; 2) Golongan Tilawah Anak-anak putra putri; 3) Golongan Tilawah Remaja putra putri; 4) Golongan Tilawah Tuna Netra putra putri; dan 5) Golongan Tilawah Dewasa putra putri.

Cabang Qira’at Al Qur’an, terdiri atas: 1) Golongan Qira’at Mujawwad Dewasa putera puteri; 2) Golongan Qira’at Murattal Dewasa putra dan putri; 3) Golongan Qira’at Murattal Remaja putra dan putri.

Cabang Hafalan Al Qur’an terdiri atas: 1) Golongan 1 Juz dan Tilawah putera puteri; dan 2) Golongan 5 Juz dan Tilawah putera puteri; 3) Golongan 10 Juz putera dan puteri; 4) Golongan 20 Juz putera dan puteri; 5) Golongan 30 Juz putera dan puteri.

Cabang Tafsir A Qur’an terdiri atas: 1) Golongan Bahasa Arab putera puteri; 2) Golongan Bahasa Indonesia putera puteri; dan 3) Golongan Bahasa Inggris putera puteri.

Cabang Fahmil Qur’an putera dan puteri.

Cabang Syarh Al Qur’an, putera dan puteri.

Cabang Seni Kaligrafi Al Qur’an, terdiri dari: 1) Golongan Naskah putera puteri; 2) Golongan Hiasan Mushaf putera puteri; 3) Golongan Dekorasi  putera puteri; dan 4) Golongan Kontemporer putera puteri.

Cabang Karya Tulis Ilmiah Al Qur’an (KTIQ) putera dan puteri.

Seluruh peserta kafilah Sulawesi Tenggara telah ditetapkan secara resmi oleh LPTQ Nasional dalam Technical Meeting pada tanggal 21 September 2022 di Aula Kementerian Agama RI, Jakarta. Peserta MTQ Kafilah Sulawesi Tenggara didampingi oleh pengurus kafilah, pelatih, official dan peninjau dari kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara, sehingga total jumlah kafilah sebanyak 217 Orang. (Adv)

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+