Dilantik Jadi Wakil Bupati Abd Azis Langsung Jabat Plt Bupati Koltim

Wakil Bupati Koltim Abd Azis
Wakil Bupati Koltim Abd Azis

KAMALINEWS.CO.ID — Dinamika dalam mengisi kursi pimpinan di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) berakhir. Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mengagendakan pelantikan terhadap Abd Azis sebagai Wakil Bupati Koltim sisa masa jabatan 2021-2026.

Prosesi pelantikan itu pun akan digelar di Aula Bahteramas, Kantor Gubernur Sultra, Kendari, Rabu, 24 Agustus 2022, pukul 14.00 Wita. Proses pelantikan itu pun akan dirangkaikan dengan pelantikan, Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Bombana, Buton dan Kolaka Utara.

Hal tersebut dibenarkan oleh Sekertaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sultra, Asrun Lio. “Ia besok pelantikan. Semua dirangkaikan, pelantikan Wakil Bupati Koltim, Pj Kabupaten Bombana, Pj Kabupaten Buton dan Pj Kabupaten Kolaka Utara,” tuturnya saat ditemui diruang kerjanya, di Kendari, Selasa (23/8).

Kepala Dinas Pendidikan ini juga mengungkapkan bahwa, dalam proses pelantikan nantinya, Wakil Bupati Koltim akan langsung diberikan tugas untuk menjadi Plt Bupati Koltim. “Jadi, nanti setelah dilantik yang bersangkutan akan langsung mendapatkan Surat Keputusan (SK) untuk menjadi Plt Bupati,” ujarnya.

Asrun menjelaskan bahwa, Plt itu untuk menghormati proses hukum terhadap bupati sebelumnya yang hingga kini masih terus berproses. “Pelantikan itukan sebagai wakil. Sedangkan, bupati sedang menjalankan proses hukum dan belum incrah, jadi posisi wakil yang akan dilantik nantinya akan langsung diberikan mandat sebagai Plt Bupati,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Abd Azis menjadi Wakil Bupati Koltim melalui Pemilihan Wakil Bupati (Pilwabup) Koltim, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang diselenggarakan di DPRD Koltim, Kamis (28/7/2022). Pada pemilihan di DPRD Koltim tersebut, Abdul Azis memeroleh 13 suara. Sementara rivalnya Diana Masse mendapat 11 suara. (yog)

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+