Bupati Kery Saiful Konggoasa Lepas 105 Kontingen Pramuka Asal Konawe

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK) lepas sebanyak 105 kontingen pramuka kwartir cabang Konawe di pelataran Kantor Bupati Konawe, Rabu (10/8/2022).

KAMALINEWS.CO.ID – Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK) lepas sebanyak 105 kontingen pramuka kwartir cabang Konawe di pelataran Kantor Bupati Konawe, Rabu (10/8/2022). Tampak, Bupati Kery didampingi langsung oleh Ketua Kwarcab Konawe, Pince Sonaru SKM, Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Dr Ferdinand, dan Kapolres Konawe, AKBP Ahmad Setiadi.

Bupati Kery mengatakan, pelepasan Kontingen Kwartir Cabang Konawe ini akan mengikuti kegiatan Jambore Nasional Ke XI Tahun 2022 di Bumi Perkemahan Cibubur.

Ia menambahkan, dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka bahwa Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjujung tingg nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancanda serta melestarikan lingkungan.

“Gerakan Pramuka adalah suatu gerakan non formal dan memiliki peran yang sangat besar dalam rangka membentuk karakter dari peserta didik atau anggota gerakan Pramuka. Olehnya itu, pembinaan dan pengembangan generasi muda merupakan hal penting dilakukan karena generasi muda merupakan generasi pelanjut perjuangan bangsa dan pembangunan nasional,” kata Bupati Kery dalam sambutannya.

Ia menyebut, sejak dibentuknya Pramuka telah menjadi salah satu gerakan pemuda yang sangat penting untuk membangun human character building atau pendidikan karakter.

Pramuka, kata dia, akan membentuk kaum muda dengan sosok yang ideal yakni beriman, bertanggungjawab, amanah, toleran, terampil, mandiri, patriot, peduli terhadap sesama, dan berbudi pekerti luhur.

“Alhamdulilah dalam jambore Nasional yang ke XI tahun 2022 ini, kwartir Cabang Konawe mengirimkan kontingen sebanyak 105 orang terdiri dari 48 orang peserta Pramuka penggalang putra dan putri, serta 57 orang anggota dewasa merupakan kwartir cabang terbanyak yang mengirimkan peserta pada jambore Nasional kali ini dari kwartir cabang se Kwartir Daerah Sulawesi Tenggara. Ini membuktikan komitmen yang tinggi dari pemerintah Kabupaten Konawe dalam mengapresiasi prestasi Pramuka Penggalang Kwartir Cabang Konawe,” sebutnya.

Orang nomor satu di Konawe ini menjelaskan, dalam kegiatan Jambore Nasional kali ini menjadi rekreasi edukatif di dunia kepramukaan yang tersaji dalam bentuk perkemahan besar yang bertujuan untuk membina pramuka penggalang dalam aspek pembinaan mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial.

Olehnya itu, Bupati Kery, berharap kepada kontingen Kwartir Cabang Konawe, sekembalinya nanti dapat menginspirasi dan memotivasi adik-adik pramuka yang lain. Karena Kalian adalah duta-duta kabupaten konawe.

“Saya juga berpesan agar adik-adik yang mengikuti jamnas kali ini dapat menjaga sikap, perilaku dan nama baik daerah kita dengan menanamkan nilai-nilai budi pekerti luhur, senantiasa membangun komunikasi yang baik dengan semua kontingen dari daerah lain, serta yang paling utama adalah menjaga kekompakan di antara seluruh kontingen,” harapnya.

Selain itu, mantan Ketua DPRD Konawe ini juga berharap, seluruh rangkaian kegiatan jambore Nasional dapat diikuti dengan baik, dan para kontingen kembali pulang dalam keaadaan sehat wal’afiat dengan membawa pengalaman baru yang menarik dan berkesan.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Konawe, sekaligus selaku Majelis Pembimbing Cabang Konawe. Saya mengucapkan selamat kepada adik-adik yang akan mewakili Kabupaten Konawe dalam Kegiatan Jambore Nasional ke XI tahun 2022 di Bumi Perkemahan Cibubur. Jagalah nama baik Kabupaten Kita, di pundak kalian kami titip harapan untuk senantiasa mengharumkan nama kabupaten konawe agar tetap gemilang,” tutupnya Bupati dengan akronim KSK ini.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+