Ali Mazi Sahkan Perubahan APBD 2022

Paripurna Pengesahan Perubahan APBD Provinsi Sultra Tahun 2022 (Biro Adminpim Frans Patadungan)
Paripurna Pengesahan Perubahan APBD Provinsi Sultra Tahun 2022 (Biro Adminpim Frans Patadungan)

KAMALINEWS.CO.ID — Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH., memberikan sambutan pada acara Penandatanganan Persetujuan Bersama Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun Anggaran 2022, di Gedung Paripurna DPRD Sultra, Kendari, 28 September 2022. Hadir pula para perwakilan Forkopimda, Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh; para Wakil Ketua dan para Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara; Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, Asrun Lio; dan para perwakilan Danlanal Kendari, dan Danlanud Halu Oleo.

Hadir pada acara ini, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara; Para Pimpinan Instansi Vertikal (Kementerian/Lembaga dan BUMN), serta Para Pimpinan BUMD Lingkup Provinsi Sulawesi Tenggara.

Paripurna Pengesahan Perubahan APBD Provinsi Sultra Tahun 2022 (Biro Adminpim Frans Patadungan)

“Melalui kesempatan ini, perkenan saya, atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan segenap anggota dewan yang terhormat, yang telah bekerjasama dengan pemerintah daerah, sehingga dapat menyelesaikan penyusunan Rancangan Perubahan APBD Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun Anggaran 2022,” kata Gubernur Ali Mazi.

Gubernur Ali Mazi juga secara khusus memberi apresiasi kepada Badan Anggaran DPRD, Tim Anggaran Pemerintah Daerah dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah, yang telah melaksanakan tugasnya dengan bersemangat dan penuh kesungguhan, sehingga Perubahan APBD Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun Anggaran 2022 dapat kita sepakati bersama pada hari ini.

Dokumen Perubahan APBD Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun Anggaran 2022, disampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri untuk dievaluasi. Semoga hasilnya dapat segera diperoleh, dan dokumen dimaksud dapat ditetapkan secepatnya.

Merealisasikan visi dan misi pembangunan daerah Provinsi Sulawesi Tenggara adalah merupakan tanggung jawab kita semua, yang dijabarkan lebih lanjut, dalam bentuk program dan kegiatan, di seluruh Organisasi Perangkat Daerah, untuk menjadikan Sulawesi Tenggara, daerah yang aman, maju, sejahtera dan bermartabat. Hal itu merupakan kekuatan utama dalam membangun kemajuan dan kemandirian, serta memperkuat daya saing daerah dalam menghadapi globalisasi ekonomi, yang terus berkembang saat ini.

Sesuai amanah konstitusi, Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022 yang telah disetujui bersama, merupakan wujud dari pengelolaan keuangan daerah yang dilaksanakan secara terbuka dan bertanggungjawab, untuk sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat. Dengan demikian, maka dokumen dimaksud mempunyai kedudukan yang sangat penting, sebagai alat untuk memelihara dan mengupayakan keseimbangan fundamental perekonomian, dalam proses pembangunan di daerah. Selain itu, juga sebagai wadah untuk menampung berbagai kepentingan publik, yang diwujudkan melalui program dan kegiatan.

Paripurna Pengesahan Perubahan APBD Provinsi Sultra Tahun 2022 (Biro Adminpim Frans Patadungan)

“Berkaitan dengan hal tersebut, saya menekankan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah, supaya benar-benar memanfaatkan sisa waktu yang ada, untuk melakukan berbagai langkah kerja dengan cepat, baik dan benar agar alokasi anggaran yang tersedia, dapat terserap tepat waktu dan tepat sasaran. Hal ini perlu saya sampaikan, agar pencapaian kinerja pembangunan daerah, dapat berjalan sesuai dengan target yang telah ditetapkan, karena dalam pelaksanaan APBD, proses penyerapan anggaran menjadi tolak ukur, seberapa bijak kita dapat melaksanakan program dan kegiatan, sesuai dengan dokumen perencanaan pembangunan. Untuk itu, siapkan dengan baik seluruh administrasi yang dibutuhkan mulai dari sekarang, sehingga tidak menjadi kebiasaan, penyerapan anggaran selalu menumpuk diakhir tahun,” ujar Gubernur Ali Mazi.

Paripurna Pengesahan Perubahan APBD Provinsi Sultra Tahun 2022 (Biro Adminpim Frans Patadungan)

Pertahankan dan meningkatkan keberhasilan yang sudah diperoleh selama ini, tidak hanya meningkatkan kualitas dari segi tata kelola keuangan saja, tapi seluruh bidang pembangunan yang merupakan tanggung jawab kita bersama. Mari kita belanjakan setiap rupiah melalui pelaksanaan APBD yang transparan dan akuntabel, efekttif, efisien dan tepat manfaat, sesuai dengan mekanisme dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Gubernur Ali Mazi menyampaikan kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah, agar segera setelah Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022 ditetapkan, untuk secepatnya merampungkan Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2023.

Sebagai tambahan, Gubernur Ali Mazi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas kerjasamanya dalam hal penanganan inflasi daerah, dimana Sulawesi Tenggara berada pada Peringkat Keempat dari 10 provinsi yang dinilai berhasil oleh pemerintah pusat melaksanakan pengendalian inflasi daerah lebih baik dari nasional, sehingga kita mendapatkan hadiah berupa Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp.10,44 Milyar dari Kementerian Keuangan RI.

“Sekali lagi saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada kita semua, yang terus berkomitmen dalam mendukung percepatan pembangunan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dan daerah Sulawesi Tenggara serta bangsa dan negara kita tercinta,” kata Gubernur Ali Mazi mengakhiri sambutannya. (Adv)

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+