Akselerasi Ekspor Komoditas Pertanian, Pemkab Konawe Harap Rencanakan Ekspor Beras dan Jagung

Kepala Dinas TPHP Konawe, Gunawan Samad

KAMALINEWS.CO.ID – Balai Karantina Pertanian Kendari bersama Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Konawe gelar bimbingan teknis akselerasi ekspor komoditas pertanian di Hotel Nugraha, Rabu (30/11/2022).

Kepala Dinas TPHP Konawe, Gunawan Samad mengatakan, pihaknya mengharapkan tanaman pangan padi dan jagung bisa menjadi komoditas yang di ekspor nantinya.

“Konawe ini lumbung beras di Sulawesi Tenggara, apa yang dikatakan pak Bupati panen sangat melimpah. Pak Bupati akan meminta ke presiden untuk bisa kita ekspor untuk Konawe,” ujarnya.

Gunawan juga berharap, dengan potensi beras dan jagung yang melimpah di Konawe kemudian diberikan kuota untuk ekspor akan menambah semangat para petani di Konawe meningkatkan produktivitas.

Ditempat yang sama, Kepala Balai Karantina Pertanian Kendari, Andi Faisal mengatakan, kegiatan bimbingan teknis ini juga bekerja sama langsung dengan Komisi IV DPR RI.

Salah satu tujuannya, kata dia, untuk percepatan komoditas ekspor di Kabupaten Konawe.

“Insya Allah ada (ekspor) karena luas sawah disini lumayan. Sementara kita lihat arahan pak Kadis itu ada beras. Semoga ada komoditas yang bisa keluar dari Konawe ini,” harapnya.

Untuk diketahui, bimbingan teknis ini juga diikuti ratusan peserta yang merupakan para petani lokal di Konawe.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+