10 Besar Pemain Termahal Versi CIES, Mbappe Pertama, Messi dan Ronaldo?

Kamalinews.id – Baru-baru ini Pusat Penelitian Studi Olahraga (CIES) melakukan penelitian siapa yang menjadi pemain termahal dunia kali ini. Hasilnya cukup mengejutkan. Nama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo jutru tidak masuk dalam peringkat 10 besar.

Penelitian yang dilakukan menggunakan sistem algoritma kompleks. Dengan mempertimbangkan segala jenis faktor termasuk usia, posisi, prediksi ketertarikan klub-klub lainnya, serta level ekonomi dari klub yang saat ini dibeli oleh para bintang.

Dan hasilnya, posisi Messi dan Ronaldo menurun drastis dari hasil sebelumnya yang dirilis pada Januari lalu. Sekedar diketahui, pada awal tahun hasil penelitian CIES menempatkan Messi di urutan 8 dengan nilai jual 100,1 juta Euro atau sekitar Rp. 1,5 triliun. Sedangkan Ronaldo terpaut jauh hingga urutan ke-50 dengan nilai jual ditaksir 62,8 juta Euro atau setara Rp. 994,3 miliar.

Siapa pemain termahal versi CIES? Posisi pertama ditempati oleh bintang muda Prancis, Kylian Mbappe yang saat ini tengah memperkuat Paris Saint-Germain. Nilai jual Mbappe diperkirakan mencapai 259,2 juta Euro atau sekitar Rp. 4,1 triliun.

Menariknya, posisi Mbappe sebagai pemain termahal dunia versi CIES ini tak tergeser sejak awal tahun. Sedangkan satu tingkat dibawah Mbappe atau di posisi kedua ditempati bintang Inggris, Raheem Sterling dan posisi ketiga ada nama Jadon Sancho.

Selain tiga nama tersebut, terdapat tiga nama talenta sepak bola The Three Lions dalam jajaran 10 besar pemain termahal versi studi CIES, yakni Trent Alexander-Arnold yang berada di peringkat keempat, Marcus Rashford di peringkat kelima, dan Harry Kane di posisi ke-10.

Berikut 10 besar pemain termahal hasil penelitian CIES:

  1. Kylian Mbappe (PSG) 259,2 Juta Euro
  2. Raheem Sterling (Manchester City) 194,7 Juta Euro
  3. Jadon Sancho (Borussia Dortmund) 179,1 Juta Euro
  4. Trent Alexander-Arnold (Liverpool) 171,1 Juta Euro
  5. Marcus Rashford (Manchester United) 152,3 Juta Euro
  6. Mohamed Salah (Liverpool) 144,9 Juta Euro
  7. Sadio Mane (Liverpool) 139,2 Juta Euro
  8. Antoine Griezmann (Barcelona) 136,4 Juta Euro
  9. Alphonso Davies (Bayern Muenchen) 133,5 Juta Euro
  10. Harry Kane (Tottenham Hotspur) 118,7 Juta Euro

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Terbaru Hari Ini